Mengenai Saya

Foto saya
keturunan jawa asli yg numpang lahir dan numpang gede di MANADO, seorang anak gadis, seorang kakak, seorang cumlauder, seorang sarjana pertanian, seorang magister sains, seorang calon istri

Sabtu, 03 Desember 2011

“MAKAN SEHAT, TUBUH KUAT”

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Agar makanan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, kualitas makanan harus diperhatikan. Kualitas tersebut mencakup ketersediaan zat gizi yang dibutuhkan dalam makanan dan pencegahan terjadinya kontaminasi makanan dengan zat yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Dalam hal ini kuantitas bukanlah hal utama. Karena, kelebihan makanan juga dapat menimbulkan penyakit, obesitas misalnya. Yaitu penyakit kegemukan karena konsumsi kalori terlalu berlebih dibandingkan dengan pemakaian energy. Bukankah sudah jelas bahwa “makan untuk hidup” bukan sebaliknya, “hidup untuk makan”.

Untuk mencegah kontaminasi makanan dengan zat yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan diperlukan penerapan sanitasi makanan yaitu usaha mengamankan dan menyelamatkan makanan agar tetap bersih, sehat dan aman. Ini peringatan bagi mereka yang belum begitu memperhatikan sanitasi makanan karena “makanan sampah” mengintai dimana saja. Seperti yang kerap kali kita temukan di pinggiran jalan khususnya dekat sekolah, dipastikan pedagang makanan tersebut selalu ramai dikunjungi anak-anak terutama saat jam istirahat. Bukan bermaksud “menutup” arus pendapatan mereka, tetapi alangkah baiknya makanan yang dijajakan harus mengikuti standarisasi makanan yang menyehatkan, minimal bersih dan bebas dari segala macam “gangguan”.

Sanitasi makanan yang buruk dapat disebabkan karena factor fisik, kimia dan mikrobiologi. Akibat buruknya sanitasi makanan dapat timbul gangguan kesehatan pada orang yang mengkonsumsi makanan tersebut. Akibatnya, segala macam penyakit sukar dihindari diakibatkan kelalaian diri sendiri akan pentingnya menjaga sanitasi segala sesuatu yang masuk melalui mulut kita.

Konsumsi gizi makanan pada seseorang dapat menentukan tercapainya tingkat kesehatan atau sering disebut status gizi. Apabila tubuh berada dalam tingkat kesehatan gizi optimum dimana jaringan jenuh oleh semua zat gizi maka disebut status gizi optimum. Dalam kondisi demikian tubuh terbebas dari penyakit dan mempunyai daya tahan yang setinggi-tingginya. Apabila konsumsi gizi makanan pada seseorang tidak seimbang dengan kebutuhan tubuh maka akan terjadi kesalahan akibat gizi.

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat makanan, kualitas makanan harus dijaga sesuai dengan syarat kesehatan. Sehingga makanan yang kita santap bias berfungsi sebagaimana mestinya dalam memelihara proses tubuh demi pertumbuhan/perkembangan, mengganti jaringan tubuh yang rusak, memperoleh energy guna beraktivitas sehari-hari, mengatur metabolism dan mengatur keseimbangan cairan tubuh, serta berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit. Mari hidup sehat ! Mensana In Corporesano …

Tidak ada komentar: