Mengenai Saya

Foto saya
keturunan jawa asli yg numpang lahir dan numpang gede di MANADO, seorang anak gadis, seorang kakak, seorang cumlauder, seorang sarjana pertanian, seorang magister sains, seorang calon istri

Sabtu, 03 Desember 2011

KESEHATAN LINGKUNGAN

Kondisi kesehatan individu dan masyarakat dapat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Kualitas lingkungan yang buruk merupakan penyebab timbulnya berbagai gangguan pada kesehatan masyarakat. Untuk mewujudkan status kesehatan masyarakat yang optimum diperlukan suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang juga optimum.

Kehadiran bahan pencemar di udara dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Pencemaran udara berpotensi untuk mengkibatkan gangguan kesehatan, gangguan pada harta benda dan ekosistem dan perubahan iklim.

Pengelolaan kualitas udara sangat diperlukan untuk menjamin tersedianya udara bersih. Untuk menentukan metode pengendali emisi sangat diperlukan pengetahuan tentang jenis pencemar dan problematiknya.

Air sangat dibutuhkan bagi kehidupan makhluk hidup, karena itu diperlukan upaya untuk memperoleh air yang sehat dan aman bagi konsumsi makhluk hidup.

Air minum sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia, karena itu diperukan adanya standar dan pengolahan air minum agar tersedia air minum yang sesuai dengan syarat kesehatan masyarakat.

Untuk mencegah penurunan kualitas hidrosfir yang disebabkan air limbah diperlukan system pengelolaan air limbah yang tepat.

Tanah memiliki fungsi penting dalam kehidupan di alam semesta ini karena itu perlu dijaga agar tidak terjadi kerusakannya.

Dampak kesehatan dan pengolahan limbah padat tergantung kepada komposisi dan jenis bahan penyusun limbah padat tersebut.

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat makanan, kualitas makanan harus dijaga sesuai dengan syarat kesehatan.

Pemaparan terhadap kebisingan dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan karena itu diperlukan upaya untuk mengendalikan kebisingan yang ada di lingkungan tersebut.

Mulia, Ricki M. 2005. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Tidak ada komentar: