Mengenai Saya

Foto saya
keturunan jawa asli yg numpang lahir dan numpang gede di MANADO, seorang anak gadis, seorang kakak, seorang cumlauder, seorang sarjana pertanian, seorang magister sains, seorang calon istri

Sabtu, 03 Desember 2011

LINGKUNGAN DAN KESEHATAN MASYARAKAT

Keadaan lingkungan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Banyak aspek kesejahteraan manusia dipengaruhi lingkungan dan banyak penyakit dapat dimulai, didukung atau dirangsang oleh factor lingkungan. Contoh dramatis adalah keracunan Methyl Mercury yang terjadi pada penduduk sekitar Minamata (Jepang) akibat mengkonsumsi ikan yang berasal dari pantai yang tercemar Mercury (air raksa). Dari bencana ini, diketemukan mereka yang meninggal dan juga cacat tubuh dari bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi tersebut.

Dengan alasan tersebut, interaksi antara manusia dengan lingkungannya merupakan komponen penting dari kesehatan masyarakat. Kesehatan lingkungan merupakan bagian dari kesehatan masyarakat yang member perhatian pada penilaian, pemahaman dan pengendalian dampak manusia pada lingkungan dan dampak lingkungan pada manusia.

Kesehatan mengandung arti kondisi fisik, mental dan social yang sempurna bukan hanya ketidakhadiran penyakit belaka. Kalau definisi ini dikaji lebih jauh maka tidak banyak manusia yang benar-benar sehat.

Penyakit adalah perubahan yang mengganggu kondisi tubuh sebagai respon dari factor lingkungan. Bahwasanya lingkungan berpengaruh pada terjadinya penyakit sudah sejak lama diperkirakan orang. Sebagai contoh, nama “Malaria” yang artinya adalah “udara jelek”, penyakit yang memiliki gejala demam, menggigil, berkeringat, demam lagii, menggigil lagi, dst. Sering diketemukan pada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar rawa. Karena udaranya memang tidak segar dan orang saat itu beranggapan bahwa udara itu yang menyebabkan penyakit tersebut. Sekarang diketahui bahwa nyamuk yang bersarang di rawa itu yang menyebarkan penyakit malaria tersebut.

Hipokrates berjasa dalam menjelaskan bahwa penyakit itu ada hubungannya dengan fenomena alam dan lingkungan. Disinilah peran pentingnya kesehatan lingkungan dalam mencegah menyebarnya penyakit lewat lingkungan.

Lingkungan hidup sangat berperan dalam mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Tidak ada komentar: